Kelas BUMIL, bagi Ibu hamil

Peserta BUMIL antusias mendengarkan paparan pemateri,Muhlishin (Kasi Pemerintahan)

Puncel-Dukuhseti (03 / 10 / 2020)Kelas ibu hamil merupakan sarana untuk belajar bersama tentang kesehatan bagi ibu hamil, dalam bentuk tatap muka dalam kelompok yang bertujuan meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan ibu-ibu mengenai kehamilan, persalinan, perawatan nifas dan perawatan bayi baru lahir, mitos, penyakit menular dan akte kelahiran (Depkes RI, 2009).

Kelas ibu hamil ( BUMIL )adalah kelompok belajar ibu-ibu hamil dengan umur kehamilan antara 20 minggu s/d 32 minggu dengan jumlah peserta 15 orang. Di kelas ini ibu hamil akan belajar bersama, diskusi dan tukar pengalaman tentang kesehatan ibu dan anak secara menyeluruh dan sistematis serta dapat dilaksanakan secara terjadwal dan berkesinambungan

pendampingan Ibu hamil oleh Bidan Desa

Kelas ibu  hamil telah dilaksanakan secara berkala oleh Puskesmas Dukuhseti. Pada pertemuan kali ini dilaksanakan pada Sabtu (03/10/2020) di Desa Puncel. Pertemuan yang dihadiri oleh 15 peserta ini diisi dengan materi tentang kehamilan, perubahan tubuh saat hamil.

Setelah pemaparan materi oleh bidan, dilakukan diskusi tanya jawab dengan peserta.Pada setiap akhir pertemuan dilakukan senam hamil. Senam hamil ini merupakan kegiatan/materi ekstra di kelas ibu hamil, diharapkan dapat dipraktekan setelah sampai di rumah. Tujuan kelas ibu hamil diharapkan dapat meminimalisir angka kematian ibu (AKI) di wilayah kerja Puskesmas Dukuhseti .( HK )

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan