CARA SENSUS PENDUDUK 2020 SECARA ONLINE

  • Feb 25, 2020
  • puncel

PUNCEL, DUKUHSETI, PATI – Badan Pusat Statistik (BPS) telah memulai Sensus Penduduk 2020 secara online. Masyarakat dapat mengikuti program ini secara mandiri, yakni dengan mengakses laman khusus sensus penduduk di situs resi BPS. Kepala BPS Suhariyanto mengajak masyarakat berpartisipasi dalam sensus penduduk secara daring atau online. Metode ini merupakan yang pertama kali diterapkan dalam sejarah sensus penduduk di Indonesia. “Saya berharap ke depan masyarakat akan akses, sebetulnya gampang saja hanya akses laman sensus.bps.go.id Presiden Joko Widodo Sudah, ayo semua berpartisipasi,” kata Suhariyanto di Jakarta, Senin (17/2/2020), dikutip dari Antara. Cara mengikuti Sensus Penduduk 2020 Online Sensus Penduduk 2020 yang berbasis sistem online disebut sebagai Sensus Mandiri. BPS menggelar program tersebut mulai 15 Februari sampai 31 Maret 2020. Untuk mengikuti Sensus Penduduk 2020 secara Online, masyarakat cukup memasukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan KK pada laman sensus.bps.go.id Masyarakat tidak perlu khawatir ketika tahapan pertama terlewatkan, karena pada tahapan kedua adalah pencacahan lanjutan secara kontrovensional oleh petugas BPS dari rumah ke rumah. Tahap kedua ini di mulai Juli 2020. Adapun tahap terakhir dari trilogi Sensus Penduduk 2020 adalah Pencacahan Sampel yang akan dilakukan pada Juli 2021. Berikut langkah-langkah untuk mengikuti Sensus Penduduk (SP) 2020 di laman resmi BPS :

  1. Siapkan KK/KTP/Buku Nikah/Dokumen Cerai/Surat Kematian
  2. Buka laman sensus.bps.go.id
  3. Isikan data atau Nomor Induk Kependudukan (NIK) pada kolom “Isikan NIK”
  4. Isikan data Nomor Kartu Keluarga (KK) pada kolom “Isikan Nomor KK”
  5. Isikan kode captcha pada kolom “Isikan Kode”
  6. Klik tombol bertuliskan “Cek Keberadaan”
  7. Jika pertama kali melakuakan akses pada Sensus Penduduk (SP) Online, buatlah Password dan pilih pertanyaan keamanan yang paling sesuai lalu klik “Buat Password”
  8. Masukkan kata sandi yang telah dibuat sebelumnya, lalu klik “Masuk”
  9. Bacalah panduan awal mengenai pengisian SP Online, lalu klik “Mulai Mengisi”, setelah itu isikan data pada kolom yang tersedia (ikuti petunjuk dan jawablah seluruh pertanyaan yang diberikan dengan jujur dan sebenar-benarnya)
  10. Apabila ingin menyimpan data sementara silahkan tekan tombol “simpan sementara”, atau jika memang sudah sesuai bisa klik tombol “Kirim”
  11. Pada saat selesai mengisi Sensus Penduduk Online (setelah klik kirim) akan ada tombol untuk mengunduh bukti selesai Sensus Penduduk Online.
Perlu diketahui, setiap warga bisa mengisikan data diri dan keluarganya di laman sensus.bps.go.id adapun waktu yang dibutuhkan untuk pengisian data perorang, rata-rata sekitar 5 menit. BPS juga menyarankan warga yang akan mengisikan data pada laman itu, agar menyiapkan KK/KTP/Buku Nikah/Dokumen Cerai/Surat keterangan kematian, termasuk untuk anggota keluarga tambahan jika memungkinkan. BPS menyatakan informasi yang diberikan oleh warga akan dijamin kerahasiaanya berdasarkan Undang-undang Nomor 16 Tahun 1997 tentang Statistik. Manfaat Data Sensus Penduduk 2020
  1. Tersedianya data kependudukan dan karakteristiknya
  2. Dasar evaluasi Pembangunan Nasional dan Pembangunan Manusia
  3. Dasar perencanaan diberbagai bidang, antara lain : Transportasi, Komunikasi, Tata Ruang dan Lingkungan, Ketenagakerjaan, Perumahan, Pendidikan, Kesehatan, Sosial dan Budaya.
Pastikan anda tercatat, kesempatan sekali dalam sepuluh tahun, mari berpartisipasi dalam gelaran Sensus Penduduk ketujuh di indonesia. Mari Bersama #MencatatIndonesia (AZ)